• 03 September 2021

Jelajah Wisata Banyuwangi dengan 5 Hal Seru di Desa Wisata Osing Kemiren

Sobat Pesona pastinya sudah enggak asing dengan objek wisata Banyuwangi yang terkenal akan wisata alamnya, seperti Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan Pantai Pulau Merah. Selain itu, destinasi wisata unggulan #DiIndonesiaAja ini juga punya daya tarik unik lain lho, salah satunya adalah Desa Wisata Osing Kemiren yang terletak di Kawasan Kemiren, Kecamatan Glagah. Nah, Desa Wisata Osing Kemiren atau Desa Adat Kemiren sudah terkenal dan diminati banyak wisatawan karena berhasil melestarikan kebudayaan, tradisi, adat istiadat dan ritual leluhur Suku Osing secara turun-temurun di era modern. Apa yang Spesial dari Desa Wisata Osing Kemiren? Desa Wisata Osing Kemiren terkenal unik karena suku Osing memiliki budaya dan bahasa tersendiri yang disebut bahasa (Jawa) Osing. Selain itu, Desa Wisata Osing Kemiren juga memiliki kopi dengan kualitas jempolan yang masih diolah dengan cara tradisional, lho. Biar enggak makin penasaran, yuk cari tahu 5 aktivitas seru yang Sobat Pesona bisa lakukan sewaktu menjelajahi Desa Wisata Osing Kemiren berikut ini!

1 | Mencoba tradisi gedhogan yang unik dan menarik

Sumber foto: desawisataosingkemiren

Kalau baru pertama kali berkunjung ke Desa Wisata Osing, Sobat Pesona bakal menemukan tradisi mereka yang paling terkenal, namanya Tradisi Gedhogan. Tradisi di salah satu desa wisata Banyuwangi ini turun-temurun dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang diterima. Di musim panen, para perempuan di sini menampilkan sebuah pertunjukan seni unik dengan memukulkan lesung dan alu diiringi alunan angklung dan tabuhan gendang yang merdu.

2 | Belajar proses pembuatan kopi tradisional



Mampir ke Desa Wisata Osing Kemiren kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi rasa kopi khas Osing yang terkenal nikmat. Karena panen kopi yang melimpah, di sini ada banyak kafe yang siap menemani Sobat Pesona ngopi di pagi atau sore hari. Di Desa Wisata Osing Kemiren ini, Sobat Pesona juga bisa belajar cara membuat kopi sendiri, lho! Nantinya Sobat Pesona bakal diajari cara menumbuk, menyangrai, menyaring biji kopi dan juga cara menyajikan secangkir kopi. Sobat Pesona bakal mengetahui teknik tradisional menyangrai kopi menggunakan wajan bertungku tanah liat. Cita rasa khas yang muncul dari kopi berasal dari pengaruh kayu bakar yang digunakan sehingga aroma kopi menjadi lebih lembut.

3 | Menikmati pertunjukan budaya Barong Osing



Selanjutnya, Sobat Pesona bisa menyaksikan Tradisi Barong Ider Bumi yang merupakan salah satu ritual tahunan yang dilakukan suku Osing. Tradisi ini pertama kali diselenggarakan di tahun 1940-an dan biasanya dilakukan di hari kedua setelah lebaran atau setiap tanggal 2 Syawal sejak pukul dua siang. Barong yang dianggap sebagai simbol kebaikan bakal diarak oleh warga desa dengan maksud untuk mengusir hawa jahat yang dipercaya dapat menghalangi kemakmuran seluruh desa.

4 | Mengunjungi rumah adat Suku Osing sambil belajar budaya lokal



Saat memasuki kawasan desa, Sobat Pesona bakal menjumpai rumah-rumah adat Suku Osing di kedua sisi jalan dengan pintu ukiran kayu dan bentuk atap yang khas. Ada tiga jenis desain atap yang dikenal di tiap rumah di antaranya tikel balung (atap empat sisi), baresan (atap tiga sisi), dan crocogan (atap dua sisi). Nah, sambil berkeliling, nggak ada salahnya Sobat Pesona mengobrol dengan warga lokal sambil mempelajari budaya mereka lebih dalam, seperti tradisi menyimpan batik dalam toples agar keindahan batik tetap awet dan tradisi khas mepe kasur [U1] atau menjemur kasur secara bersamaan di sepanjang jalan yang simbolkan sebagai penolak penyakit atau musibah.

5 | Serunya sensasi masak di dapur Suku Osing yang autentik



Di tengah beragam keindahan, Desa Wisata Osing Kemiren juga menawarkan festival jajanan dan masakan khas Banyuwangi yang lezat nih. Dipandu oleh warga lokal, Sobat Pesona enggak hanya bisa menikmati kuliner lokal aja tetapi Sobat Pesona juga bisa merasakan sensasi memasak kuliner Suku Osing yang autentik, lho! Contoh menu andalan yang bisa Sobat Pesona coba adalah pecel pitik (ayam), tahu walik, dan uyah asem (ayam kuah asem) khas Osing. Berbagai objek wisata Banyuwangi emang selalu sukses memukau para wisatawan, enggak terkecuali Desa Wisata Osing Kemiren. Desa ini berhasil memelihara tradisi dan budaya warisannya hingga era modern seperti sekarang. Kalau Sobat Pesona #DiIndonesiaAja berencana ke sini, jangan lupa untuk ikutin 5 kegiatan seru di atas ya! Penasaran informasi yang lebih lengkap tentang Desa Wisata Osing Kemiren? Sobat Pesona bisa langsung menghubungi pihak pengelolanya melalui Pak Edi (081358538690). Ada yang nggak kalah penting nih Sobat Pesona, jangan lupa terus patuhi protokol kesehatan 6M dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan dan menghindari makan bersama ya. Yuk, segera vaksin sekarang demi melindungi orang-orang tersayang!

Resource: https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/jelajah-wisata-banyuwangi-dengan-5-hal-seru-di-desa-wisata-osing-kemiren